ARTIKEL BMCI DI TABLOID GENIE

 

BOLLYWOOD MANIA CLUB INDONESIA (BMCI)
Mencintai Semua Hal Yang Berhubungan Dengan India

PADA era 70-an, industri film India mulai masuk ke Indonesia. Sejak saat itu film India menjadi salah satu film favorit masyarakat. Bahkan ada beberapa orang yang membuat komunitas. Salah satunya adalah Bollywood Mania Club Indonesia (BMCI). Ini adalah tempat atau wadah bagi orang-orang yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan India.

Pada awal Juni lalu, komunitas ini berkumpul di sebuah food court di Bekasi Cyber Park. Mereka berdiskusi atau berbincang-bincang mengenai semua hal yang berbau India. Bahrudin Supardi dan Asih Kiran Ardian menyambut kami dengan hangat. "Hallo, selamat siang..." sapanya sembari tersenyum. Lalu memperkenalkan satu persatu anggota komunitasnya yang hadir saat itu.

Mereka terlihat kompak dengan baju berwarna ungu dengan tulisan BMCI. Mereka sangat ceria. Sesekali ada yang menggumam lagu India. Sementara beberapa yang lain tengah menikmati makan siangnya. "Kalo kepengurusan semua ada di Bekasi dan ada juga di Medan dan daerah lainnya. Saat ini anggota berjumlah 29 ribu orang." kata Bahrudin.

BMCI didirikan pada 11 Mei 2009 dengan anggota berjumlah 10 orang saat itu. "Ketua kita saat ini bernama Melaty Tagore yang sudah dikenal seluruh bollymania." katanya.

Melaty, sambungnya, mantan redaktur Tabloid Bollywood, lantaran cinta pada budaya India dia lantas mendirikan BMCI. "Jadi sebelumnya dia juga jadi pengasuh rubrik bollymania di Majalah Film. Di Jejaring sosial ada banyak komunitas bollywood. Akan tetapi BMCI adalah yang paling besar karena mencakup seluruh Indonesia." ungkapnya.

Pada setiap hari jadi, anggota komunitas ini menggelar acara ultah. Selain perayaan ulang tahun, mereka juga sering menggelar acara nonton bareng film India. "Yang rutin adalah kegiatan tahunan. Sejak ulang tahun ke 3 (2012), kita rutin bikin acara ultah dan undangan disebar melalui facebook." ujarnya. Jika ada film India baru yang masuk ke Indonesia, mereka kerap mengadakan acara nobar. Anggota yang ikut menonton bisa mencapai 150 orang.

Tidak hanya kumpul-kumpul, BMCI pun kerap melakukan kegiatan sosial seperti menggalang dana untuk membantu orang-orang yang tertimpa musibah. "Kita kerap adakan bhakti sosial seperti untuk korban banjir atau ada anggota yang kena musibah." sambung Bahrudin.

Bukan Sekedar Fans

Layaknya penggemar fanatik, para anggota bollywood inipun mengoleksi segala macam pernak pernik India, mulai dari kaset, baju, hingga poster. "Semua hunting. Ada yang online, ada yang hunting ke pasar-pasar seperti Pasar Baru." kata Asih.

Sebagian anggota BMCI pun sudah pernah bertemu dan melihat secara langsung dengan artis idolanya seperti Shah Rukh Khan dan Salman Khan. "Anggota kita sudah banyak yang ke India, foto dengan artis India atau sekedar melihat rumah artis dan  foto-foto di depan rumah Shah Rukh Khan misalnya." ungkapnya.

Komunitas BMCI pun memanfaatkan media sosial untuki mengetahui film terbaru India yang akan tayang di bioskop. "Kita tau semua jadwal film Indiayang akan masuk. Semua kita cari tau melalui internet. Dan nanti ada acara nonton bareng tentunya." sambung Asih Kiran Ardian.

Yang membedakan BMCI dengan komunitas India lainnya adalah komunitas ini tak hanya mencintai satu atau fanatik pada artis satu saja. Mereka mencintai semua hal tentang India. Mulai dari artis sampai kebudayaannya. "Kita kan BMCI, jadi hanya terkait di Indonesia dan fokus di Indonesia. Kita ini sifatnya umum  Mencintai bollywood secara keseluruhan , jadi tidak hanya satu artis saja." jelasnya.

(Karina Asta / Genie) 
kutipan dari artikel Tabloid Genie Edisi 49 / Tahun XI/ 13 - 19 Agustus 2015



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak