REVIEW FILM: SAAND KI AANKH (2019)


By : HARESH NARAINDAS
Sutradara : Tushar Hiranandani
Producer : Anurag Kashyap, Reliance Entertainment, Nidhi Parmar
Penulis : Jagdeep Sidhu (dialogue)
Scenario : Balwinder Singh Janjua
Pemain : Taapsee Pannu, Bhumi Pednekar, Prakash Jha, Vineet Kumar Singh
Music by Lagu : Vishal Mishra Score : Advait Nemlekar
Cinematography : Sudhakar Reddy Yakkanti
Editor : Devendra Murdeshwar
Beredar : 25 October 2019
Durasi : 146 menit
Budget : 20 crore 
Rating : 3/5
Melihat posternya kirain soal penyamun wanita atau wanita ndeso yg balas dendam ternyata ini film tentang semangat Emansipasi dan diambil dari kisah nyata dipedalaman india!.
Kisah keluarga besar yg tinggal bersama dlm satu rumah, kakak beradik, istri ,anak, hingga cucu ngumpul disatu rumah, kalau diindia masih sering joint family kaya gini, disini weleh bisa cakar2 an sesama ipar,kakak beradik, mantu ,mertua bisa2 tiap hari jadi arena ngomel ,caci maki,ngiri2 an wis lah medan " perang" nah dlm film ini kakak laki2 tertua ( Prakash Jha) bagai kepala keluarga atau Raja lha, apapun yg diucapkan bagai SABDA raja , dan perempuan dirumah diperlakukan bagai BABU maaf BUDAK, suruh ngurus anak,suami,rumah, masak ,bahkan cari nafkah bertani ,nah yg cowok "ongkang2" dan malam suruh bini " ngangkang" juga jadi mesin pencetak enak dan anak 🙄!
Alkisah ..ciye kaya dongeng pake ada alkisahnya didesa ada kompetisi sport menembak dan seorang dokter jadi panitia untuk menseleksi yg berbakat untuk bisa lanjut ke kompetisi national dan kemudian international, saksikan 2 nenek2 usia 50 plus ( Bhumi Pedneker + Tapsee Pannu) demi 2 cucu ceweknya akhirnya tanpa sengaja ikut lomba menembak, jika sukses di iming2 i untuk 2 cucunya bisa dapat kerja!! Saksikan petak umpet 2 nenek dan 2 cucu ikut kompetisi sampai akhirnya 2 cucunya pun ikut kompetisi hingga terseleksi ke tingkat nasional dan saksikan perjuangannya!! Bagaimana berhasil kah mereka? Bagaimana reaksi abang tertua yg sadis hingga medali2 pun dibuang dan di injak2😭saksikan !
Film bersetting ndeso atau bisa juga sebagian shooting di ndeso ujung berung 😂, benar2 udik lha dan merinding melihat wanita yg bagai dianggap rongsokan aja ,merinding saat 2 nenek berjuang dan dialognya bikin bulu kuduk dan bulu2 lain bangun 🤪 ,intinya 2 nenek yg tertindas dipaksa memberontak demi emansipasi yg konon didesa itu udah ber abad2 wanita tertindas!! Inti sarinya yah Ala Ibu Kartini 2 nenek tsb memperjuangkan hak cucu2nya sekaligus wanita didesa, saksikan konfrontasi dg " Baginda" Prakash Jha yg merupakan adegan yg mantul!!
Memang ini film untuk segmen penonton berbeda bukan untuk fans film masala, ada tari lagu tapi " ndesit" alias udik banget mengikuti alur cerita ,jangan harap adegan cup cup , komedi, jotos2 an karena film dibuat serealitas mungkin,sebagian penonton akan boring, kekurangan lain make up effect Bhumi Pednekar dan Tapsee Pannu kurang cermat kadang rambutnya uban semua,kadang ngga,demikian juga wajahnya kerut2 atau keriputnya kurang mantul ,kadang masih terlihat cantik!! Untuk akting Bhumi paling menonjol ,Tapsee juga keren,Prakash jha berhasil bikin penonton ciut lihat egoisnya, Prakash jha ini juga sutradara handal lho terakhir menyutradarai Amitabh Bachchan dlm SATYA GRAHA.
Buat yg suka film ndeso ala2 Dangal,laagan dll ini film out of box dan kaum wanita pasti suka!, karena intinya film ini memperjuangkan Emansipasi!! Bahkan nonton film ini ane bilang Wanita itu jauh lebih perkasa dibanding pria secara Mental!! Hayu kaum wanita tonton ya?

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak