Bollywood ID. Megastar Bollywood, Amitabh Bachchan pada Senin (11/10) mengumumkan pengunduran dirinya dari kampanye iklan merk Pan Masala Kamla Pasand. Langkah itu diambil tepat di hari ulang tahunnya yang ke-79, beberapa minggu setelah organisasi anti-tembakau Nasional memintanya untuk tidak mendukung Pan Masala, karena dapat membantu mencegah anak-anak dari kecanduan tembakau.
Big B (panggilan akrabnya), juga sempat diejek di media sosial, karena mendukung Kamla Pasand saat iklannya dirilis bulan lalu. Big B awalnya membela pendiriannya, menyebutnya sebagai bagian tak terpisahkan dari bisnis hiburan yang menyediakan lapangan kerja bagi banyak orang.
[Foto: Amitabh Bachchan dan Ranveer Singh menjadi model iklan Pan Masala]
"Kamala Pasand-- beberapa hari setelah iklan itu ditayangkan, Big B menghubungi merk tersebut dan menyatakan keluar dari perusahaan itu minggu lalu. Setelah memeriksa, mengapa Big B tiba-tiba mengambil langkah tersebut (mendadak memutuskan keluar dari iklan Pan Masala) --- terungkap bahwa ketika Big B dikaitkan dengan merk tersebut, dia tidak menyadari bahwa itu termasuk dalam iklan pengganti (iklan terselubung). Hingga Big B pun akhirnya memutuskan kontrak dengan merk tersebut. Melalui email Big B menulis kepada mereka tentang keputusannya untuk berhenti, dan mengembalikan uang yang telah diterima untuk biaya promosi," bunyi pernyataan dari kantor Big B, yang dirilis oleh perusahaan hubungan masyarakat. Komunikasi Universal, Senin (11/10).
Dalam iklan Pan Masala, Big B tampil bersama aktor Ranveer Singh, yang berperan sebagai putranya.
Iklan pengganti (terselubung) itu didefinisikan sebagai bentuk iklan yang digunakan untuk mempromosikan produk terlarang, seperti rokok\tembakau dan alkohol, dengan menyamar sebagai produk lain.
[Foto: Amitabh Bachchan dan Ranveer Singh menjadi model iklan Pan Masala]
Sebelumnya, sebuah surat dikirim ke Amitabh Bachchan dan Shekhar Salkar, Presiden Organisasi Nasional Pemberantasan Tembakau.
Disebutkan bahwa produk Pan Masala mempengaruhi kesehatan warga dan Big B harus segera mundur dari iklan tersebut.
"Sebagai ahli onkologi dan anggota LSM yang bekerja di bidang penghentian tembakau, saya merasa sedih dan terprovokasi untuk berperang melawan tindakan yang meragukan, penghianatan yang dilakukan oleh berbagai aktor Bollywood yang berpengaruh dan terkenal seperti Shah Rukh Khan, Ajay Devgn, Ranveer Singh, dan Hrithik Roshan, yang mengarah pada peningkatan penggunaan tembakau di kalangan siswa," bunyi surat itu. [Melaty Tagore]