Belajar Dari Kesuksesan Film Sunny Deol "Gadar 2", Inilah 5 Fakta Yang Perlu Diketahui Produser


Bollywood ID. Saat ini, semua pecinta (atau bahkan mereka yang tidak suka) Bollywood, menyadari bahwa Gadar 2 telah muncul sebagai film blockbuster sepanjang masa. 

Setelah Pathaan-nya Shah Rukh Khan di awal tahun 2023 lalu, kini giliran Gadar 2, menciptakan box office. 

Gadar 2 kabarnya telah melewati angka 500 Crores (Rp 1 Triliun) di India, suatu prestasi yang luar biasa, yang hanya dicapai oleh Pathaan dan Baahubali: Kesimpulan (versi Hindi) sebelumnya.

Dengan kesuksesan Gadar 2, yang luar biasa ini, tentu saja membuat semua Produser di Bollywood geleng-geleng kepala, sekaligus tidak habis pikir. Bagaimana tidak, film yang hanya berbudget 70 Crore (Rp 140 Miliar) dan dibintangi seorang bintang senior (Sunny Deol), tapi film bisa mencapai box office yang luar biasa.

Lalu, apa sih yang harus dilakukan seorang produser untuk membuat film box-office?

Berikut 5 Hal yang Perlu Diketahui setiap Produser untuk Ciptakan Box-Office, dirangkum dari Bollywoodhungama:

1. Jangan Pernah Meremehkan Pengalaman. 

Aktor Sunny Deol yang berusia 67 tahun datang dan melibas semua film dengan rekor box office. Aktor yang meraih hit terakhirnya 10 tahun lalu dalam film Yamla Pagla Deewana 2, serta menghadapi banyak kegagalan dan bencana dari film-filmnya beberapa tahun ini, kini kembali dengan film blockbuster sepanjang masa.

2. Hormati Produk Anda.

Film Gadar - Ek Prem Katha atau Gadar (1) juga meraih blockbuster sepanjang masa dalam peredarannya pada tahun 2001. Sang Pembuatnya tidak terburu-buru membuat film lanjutannya (sekuelnya). Mereka rela menunggu selama 20 tahun, untuk menemukan sesuatu yang ideal dan menciptakan produk yang benar-benar sangat disukai penonton.

3. Jangan Keluarkan Uang Terlalu Banyak.

Ini adalah ide besar yang paling penting bagi seorang pembuat film (produser), yakni tidak mengeluarkan biaya super besar. Pada saat, bahkan film kisah cinta dibuat dengan anggaran fantastis sekitar Rs. 200 Crores (Rp 400 Miliar), film aksi ini (Gadar 2), hanya dibuat dengan budget Rs.70 Crores (Rp 140 Miliar). 

Itulah jenis film untuk apa yang disebut dengan 'film berbasis konten', dan Gadar 2 membuat film komersial dan langsung meraih sukses blockbuster.


4. Penonton, Jadikan Poin Terpenting.

Kenalilah Pelanggan Anda. Itulah yang selalu ada dalam pemikiran Pembuatnya (Anil Sharma, ZEE Studios). Anil Sharma dan Zee Studio, selaku 2 perusahaan yang memproduksi Gadar 2, tahu bahwa mereka melayani seluruh pelosok negeri, terutama interior, dan bukan hanya 5-6 kota besar itu. 

Mereka tidak membuat kesan berkelas untuk bioskop, untuk mendapatkan uang cepat; mereka membuat film besar untuk menjangkau semua kelas, bahkan kelas terendah. Harga tiketnya pun akan lebih murah, tetapi langkah kakinya akan eksponensial, dan itu akan menjaga pendapatan.

foto: Sunny Deol dan Utkarsh Sharma dalam Gadar 2

5. Sama, Sama Tetapi Berbeda.

Sebuah Produk harus merupakan perpaduan antara apa yang diinginkan konsumen dan apa yang berpotensi mereka butuhkan. Beri mereka sesuatu yang baru, tetapi jangan menghilangkan sesuatu yang mereka sukai. 

Mereka menginginkan Sunny Deol? Beri mereka itu. Mereka ingin musuh atau penjahat? Beri mereka itu. Mereka menginginkan patriotisme? Beri juga mereka itu. 

Namun, jangan lupa, tambahkan sejumput sesuatu yang baru. Kali ini, sesuatu yang baru itu, adalah biarkan putranya (yang diperankan Utkarsh Sharma) pergi ke Pakistan untuk mencari ayahnya (Sunny Deol), ini merupakan sesuatu yang berbeda. Dan akhirnya, malah sang ayah yang menyelamatkan putranya dan membawanya kembali ke India.

Juga ditambahkan sebagai pemanis, kehadiran aktris pendatang baru Simrat Kaur (yang berperan sebagai Muskaan, kekasih Jeeteey/Utkarsh Sharma).[*]

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak