Film Terbaru Shah Rukh Khan "Dunki" Menjadi Film Berbudget Paling Murah Dalam Kariernya


Bollywood ID. Jika di dua filmnya sebelumnya, yaitu Pathaan dan Jawan, Shah Rukh Khan jor-joran dengan biayanya yang meledak hingga Rp 600 an Miliar, di film ketiganya yang akan dirilis tahun ini, Dunki, justru berbanding terbalik, yakni denan biaa yang semurah-murahnya.

Dikabarkan bahwa film terbaru Shah Rukh Khan, Dunki menjadi salah satu film Bollywood paling murah dalam karier Shah Rukh Khan, dan itu karena perencanaan yang matang dari sutradaranya, Rajkumar Hirani.

Menurut sebuah sumber, biaya produksi film Dunki, hanya sekitar Rs 90 Crore (Rp 180 Miliar), itupun tak termasuk honor Shah Rukh Khan dan Rajkumar Hirani. Semenara di dua film RK sebelumnya, Pathaan dan Jawan biayanya meledak hingga mencapai Rs 300 Crore (Rp 600 Miliar). 

"Rajkumar Hirani adalah seorang penulis, sutradara, dan editor. Dia memiliki visi yang sangat jelas tentang apa yang dia butuhkan dan bagaimana cara mengambil gambarnya (syutingnya)," kata sebuah sumber, seperti dikutip dari Bollywoodhunama. 

"Dia tidak pernah menyia-nyiakan sumber daya dan terus merencanakan jadwal syuting dengan tepat dan cepat. Hingga dia dapat menyelesaikan syuting Dunki hanya dalam waktu 70 hari," imbuhnya. 

Sehingga anggaran Dunki, khususnya untuk biaya produksi, tidak termasuk semua biaya talenta adalah Rs. 90 Crores (180 Miliar), dan sang produser siap menghabiskan sekitar Rs. 30 Crore (Rp 60 Miliar) hingga Rs 35 Crores (Rp 70 Miliar) untuk promosi, baik di media cetak maupun digital. 

Benar-benar sangat menarik, karena biaya lebih banyak dihabiskan untuk pemasaran dan promosi film, ketimbang untuk biaya produksinya. 

"Ini sangat menarik, karena lebih banyak uang yang akan dikeluarkan untuk memasarkan film tersebut. Biaya produksi keseluruhan termasuk PnA berada di kisaran Rs 125 (Rp 150 Miliar) hingga 130 Crores (Rp 160 Miliar)," ungkap sumber itu. 

Untuk biaya talenta atau biaya para pemainnya, tidak termasuk dalam anggaran itu. Jika ditambahkan untuk biaya para artisnya, kecuali Shah Rukh Khan, anggarannya bisa sekitar Rs. 150 Crores (Rp 300 Miliar).

Sang pembuat filmnya telah melakukan pra-penjualan hak satelit, digital, dan bioskop dengan harga yang lumayan besar dan semua keuntungannya akan dibagi dua antara  Shah Rukh Khan dan Rajkumar Hirani dengan rasio, yang telah ditentukan sebelumnya.

Namun bisa dipastikan bahwa Dunki, akan menjadikan produsernya, salah satu penghasil uang terbesar di industri perfilman Bollywood, bahkan tanpa satu pun pertunjukan film di bioskop.

Itu karena film Dunki telah laku dijual atas kesepakatan bahkan sebelum film dirilis, dengan jumlah yang besar dan sudah menutup anggaran yang dikeluarkan. Bocorannya, film Dunki telah laku dijual seharga Rp 250 Crore (Rp 500 Miliar). 

Film karya Rajkumar Hirani dikenal sebagai film-film yang meraih blockbuster. Dunki dibintangi Shah Rukh Khan bersama Taapsee Pannu dan Vicky Kaushal. 

Film drama sosial ini akan beredar serentak di bioskop-bioskop seluruh dunia pada 21 Desember 2023.[*]

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak