Yukk, Intip 10 Fakta Menarik Film Terbaru Shah Rukh Khan "Dunki" Yang Wajib Kamu Tahu


Bollywood ID. Film Shah Rukh Khan, Dunki, kini terus menjadi pembicaraan, terutama usai lagu Dunki Drop 2: Lutt Putt Gaye, dirilis pada 22 November 2023 lalu.

Film karya sutradara top Rajkumar Hirani ini, merupakan film ketiga Shah Rukh Khan yang akan dirilis tahun ini, setelah Pathaan dan Jawan yang meraih box office dalam peredarannya.

Dunki yang merupakan film drama komedi sosial, diharapkan juga akan meraih hits seperti dua film SRK sebelumnya.

Dunki yang bercerita tentang para migran India, yang mencoba masuk ke negara lain dengan cara ilegal (melanggar hukum) ini, menjadi peran yang berbeda dari Shah Rukh Khan sepanjang kariernya. 

Inilah 10 Fakta Menarik Film Dunki yang Wajib Kamu Tahu: 

1. Film Perdana Shah Rukh Khan dan Rajkumar Hirani

Film Dunki, menjadi film debut Shah Rukh Khan, yang untuk pertama kalinya bekerja sama dengan sutradara/produser Rajkumar Hirani, sutradara yang sukses lewat film-film seperti  3 Idiots, PK, Munnabhai MBBS, Lage Raho Munnabhai, dan banyak lagi. 


2. Awalnya Film akan Rilis pada 2024  

Setelah meraih sukses lewat  Jawan dan Pathaan, ada kabar bahwa Dunki akan dirilis pada tahun depan, 2024. Namun beruntungnya berita itu hoax. Shah Rukh Khan pun menyangkal semua isu itu dan mengkonfirmasi film akan dirilis pada pekan Natal 2023.

Dunki rencana akan dirilis di seluruh dunia pada 21 Desember 2023, dan Dunki menjadi film ketiga Shah Rukh Khan yang dirilis tahun 2023 ini, setelah Pathaan pada 25 Januari 2023 dan Jawan pada 7 September 2023.


3. Dua Kali SRK Tolak Film Rajkumar Hirani 

Dunki menjadi film perdana bagi Shah Rukh Khan yang bekerja bareng Rajkumar Hirani, setelah beberapa kali gagal.

Sebelumnya, Rajkumar Hirani pernah menawarkan peran kepada Shah Rukh Khan yaitu peran dalam film 3 Idiots, yang akhirnya dimainkan Aamir Khan dan film meraih sukses besar.

Juga dalam film Munnabhai MBBS, lagi-lagi Shah Rukh Khan menolak, hingga peran ditawarkan kepada Sanjay Dutt, dan film juga akhirnya meledak.   


4. Budget Kecil

Biaya produksi film Dunki, dikabarkan sangat kecil, yakni sekitar Rs 85-90 Crore (Rp 170 - 180 Miliar). Biaya ini termasuk untuk honor para kru dan pemain pendukung. Tak termasuk honor Shah Rukh Khan maupun Rajkumar Hirani. 

Ini membuat film Dunki, menjadi film Shah Rukh Khan yang berbudget paling kecil dalam 6 tahun terakhir kariernya di Bollywood.


5. Syuting Hanya 2 Bulan

Tak butuh waktu lama. Dunki hanya butuh waktu sekitar dua bulan lebih (70-75 hari) untuk menyelesaikannya. Sementara untuk Shah Rukh Khan, dia hanya butuh waktu sekitar 2 bulan (60 hari) melakukan syuting film tersebut.

 
6. Laku dan Untung Sebelum Dirilis

Film Dunki telah mengantongi sekitar Rs 100 - 250 Crore (Rp 200 - 500 Miliar), bahkan sebelum film diputar di bioskop. Yups, karena Dunki telah laku dijual untuk rilis digitalnya dan itu sudah menutupi biaya produksinya.


7. Tinggalkan Vidhu Vinod Chopra

Film Dunki menjadi film Rajkumar Hirani, yang tidak diproduksi oleh produser langganannya, Vidhu Vinod Chopra. Biasanya Rajkumar Hirani selalu menggandeng Vinod Chopra untuk film-filmnya, seperti 3 Idiots, PK, Lage Raho Munnabhai, Munnabhai MBBS, dan Sanju.


8. Debut Shah Rukh Khan dan Taapsee Pannu

Selain menjadi debut Shah Rukh Khan dengan sutradaranya, Rajkumar Hirani, Dunki juga menjadi film debut Shah Rukh Khan yang untuk pertama kalinya berpasangan dengan Taapsee Pannu.

Bagi Taapsee Pannu bisa main bareng dengan Shah Rukh Khan merupakan kebanggaan tersendiri. Menurut Taapsee, ini merupakan keinginannya sejak masuk Bollywood. Dan keinginannya tersebut, kini menjadi kenyataan. 

9. Syuting di Luar Negeri

Meski Dunki berbudget rendah atau kecil, namun film Shah Rukh Khan ini juga mengambil lokasi syuting di luar negeri. Di antaranya di London, Budapest, Jeddah, dan Neom (Arab Saudi).

Dunki juga melakukan syuting di Indianya sendiri, di antaranya di Mumbai, Kashmir dan Jabalpur, Madya Pradesh.

10. Mengapa Berjudul Dunki?

Sebagian orang bingung dengan judul film terbaru Shah Rukh Khan tersebut, karena tak ada bau-baunya India alias bukan bahasa Hindi, yang biasanya dipakai untuk judul-judul film Bollywood. 

Lalu, apa artinya Dunki? Banyak yang bertanya-tanya, mengapa film tersebut diberi judul Dunki

Berdasarkan banyak sumber, plot film ini didasarkan pada istilah yang disebut penerbangan keledai, yang digunakan oleh migran India, untuk bisa mendapatkan visa turis ke negara zona Schengen, untuk memasuki wilayah Inggris melalui jalur pintu belakang alias ilegal.

Shah Rukh Khan sendiri mengungkapkan, bahwa "Ini sebenarnya adalah Donkey, tapi cara orang mengucapkannya di beberapa wilayah India adalah 'Dunki', ini tentang orang-orang yang ingin kembali ke rumah, ketika mereka akhirnya mendapat panggilan tersebut." 

Shah Rukh Khan juga menambahkan, "Ini adalah film komik. Film-filmnya (Rajkumar Hirani) selalu merupakan campuran komedi dan banyak emosi, dan tentang negara. Jadi, ini adalah film perjalanan besar, melewati berbagai wilayah di seluruh dunia dan akhirnya pulang ke India."?[*]

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak